English Model Club (EMC)


 

ENGLISH MODEL CLUB

(MUHAMMADIYAH OF DAFFODIL LEARNING)

SMK MUHAMMADIYAH BATAM

KIBING-BATU AJI KOTA BATAM KEPULAUAN RIAU

(Jl. Prof. Dr. Hamka No. 3)

 

  1. Latar Belakang

Pendidikan adalah indikator dari kemajuan bangsa. Tujuan pendidikan nasional menurut UU No. 20 tahun 2003 pasal 4 menyatakan pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang  beiman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, estetis dan demoktratis serta memiliki rasa kemasyarakatan dan kebangsaan.

Salah satu sarana dan prasarana pendidikan formal di Indonesia adalah sekolah. Sekolah terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan atau disingkat dengan SMK. Pada tingkat sekolah kejuruan, pendidikan dititik beratkan pada kemampuan siswa / siswi tidak hanya mampu memahami ilmu secara teoritis namun juga mereka dituntut secara praktik untuk mengaplikasikan ilmu jurusan yang di dapatnya. Sebagai bahan pelengkap untuk menunjang bidang kejuruan, para siswa juga diharapkan memiliki kemampuan softskill lainnya, terutama kemampuan berbahasa Inggris.

Di sisi lain, melihat perkembangan zaman yang semakin kompetitif, kemampuan berbahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional menjadi syarat utama yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan posisi penting dalam masyarakat khususnya dalam memperoleh pekerjaan terutama di era globalisasi. Oleh karenanya dibutuhkan berbagai cara agar siswa  bisa  membekali diri menghadapi era globalisasi.

Maka dari hal itu, salah satu cara yang digunakan adalah membuat kegiatan peningkatan kreativitas siswa / siswi berbahasa Inggris, sebagaimana yang diorientasikan oleh sekolah-sekolah berbasis modern. Salah satunya yakni sekolah SMK Muhammadiyah Batam yang mengadakan kegiatan English Model Club. Kegiatan informal ini memiliki visi yang selaras dengan SMK Muhammadiyah Batam yakni “Mengantar generasi modern, beriman serta berakhlak luhur”. SMK Muhammadiyah Batam tidak hanya mengaktualisasikan dalam bidang ilmu pengetahuan dan agama saja, melainkan mencoba untuk bersaing dalam dunia internasional.

Kegiatan tersebut dinamakan sebagai English Model Club, yang mana kata Model merupakan kepanjangan dari “Muhammadiyah of Daffodil English Learning”. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa/siswi SMK Muhammadiyah Batam mampu mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

  1. Tujuan Kegiatan
  2. Mempersiapkan siswa / siswi agar mampu berbahasa Inggris secara optimal untuk menghadapi era globalisasi, perdagangan bebas serta memasuki dunia kerja
  3. Menyalurkan dan mengembangkan minat atau potensi siswa /siswi untuk mempersiapkan diri berpartisipasi dalam kegiatan lomba.
  4. Menerapkan kemampuan berkomunikasi bahasa inggris dalam keseharian
  5. Meningkatkan rasa percaya diri siswa / siswi dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara optimal.
  6. Strategi Pembelajaran
  7. Mengadakan English Course  (les bahasa Inggris) yang diadakan seminggu sekali
  8. Mengaktifkan English Model, yakni penggunaan bahasa Inggris setiap hari rabu (One day one English area)
  9. Mengadakan “one project together be better” untuk mempresentasikan kemampuan berbahasa Inggris di publik
  10. Melakukan evaluasi
  11. Program Materi Kegiatan
  12. Pronounciation
  13. Vocabolary
  14. Grammar
  15. Dialogue conversation
  16. English debate
  17. Speech contest
  18. English motivating
  19. News reading
  20. Storytelling
  21. Brush up: memorizing
  22. Target Pencapaian
  23. Setiap anggota English Club diharapkan mampu bersedia mengikuti kegiatan English Course selama kurang lebih 12x pertemuan dan mampu menguasai materi yang diberikan.
  24. Setiap anggota English Club diharapkan mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar, terutama berpartisipasi pada program “One day one English area”.
  25. Setiap anggota English Club diharapkan mampu menguasai satu kemampuan pada program “One project together be better”.
  26. Setiap anggota English Club diharapkan mampu menguasai pembendaharaan kosakata pada program “Brush up: memorizing).
  27. Setiap anggota English Club diharapkan mampu berkompetisi dalam pertandingan bahasa inggris di kemudian hari.
  28. Tempat dan Waktu Kegiatan
  29. Tempat Kegiatan

Kegiatan English Model Club akan dilaksanakan di lingkungan sekolah SMK Muhammadiyah Batam, Kibing-Batu Aji. Pembelajaran khususnya dilaksanakan di ruang Ahmad Dahlan dan halaman depan sekolah.

  1. Waktu Kegiatan

Waktu kegiatan dimulai diselenggarakan setiap hari kamis dan Jum’at selama masa aktif sekolah.

  1. Distribusi Program dan Jadwal Pembelajaran

(Terlampir)

  1. Kepengurusan Program EMC

(Terlampir)

  1. Estimasi Anggaran Kegiatan EMC

(Terlampir)

  1. Penutup

Kami menyadari English Model Club (EMC) merupakan kegiatan pengembangan minat siswa/ siswi yang sangat bermakna. Oleh karena itu, besar harapan kami kepada seluruh pihak untuk dapat memberikan dukungannya dan partisipasi agar program kerja yang kami rencanakan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Kegiatan English Model Club di SMK Muhammadiyah Batam ini  akan terwujud apabila ada partisipasi dari semua pihak sekolah. Kami beharap pihak sekolah menyediakan fasilitas - fasilitas yang mendukung demi terciptanya suasana kondusif dalam meningkatkan kemajuan sekolah dan pengembangan minat siswa dalam berbahasa Inggris.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik berupa material maupun spiritual. Semoga program kerja yang kami programkan dapat berjalan dengan baik, lancar dan mendapat Ridho Allah SWT. Aamiin.

 

Batam, 15 Juli 2021

 

Tutor

 

 

 

 

Dedy Bayu Prayogo

 

 

Mengetahui,

Wakil kesiswaan

 

 

 

 

Agus Pramono, S. Hum

Koordinator EMC

 

 

 

 

Ahmad Imam Muzaqi, M. Pd.

 

 

 

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Abdul Mukti, S.Ag, M.MPd

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Masjid Prof. Dr. Hamka

SMK MUHAMMADIYAH BATAM berada di komplek MUHAMMADIYAH ASEAN yang memiliki Masjid dan sarana Tempat Ibadah yang muat 1500 orang Jamaah bernama Masjid Prof.Dr. Hamka.

28/05/2022 11:51 - Oleh Web Admin - Dilihat 1317 kali
Lapangan Olah Raga

Sarana untuk olah raga yang tersedia adalah Footsal, Tenis Meja ,Basket dan Panahan, kedepan InshaAlloh segera dibuatkan Lapangan sepak takraw dan Bulutangkis agar mampu memenuhi kebutu

28/05/2022 11:49 - Oleh Web Admin - Dilihat 1261 kali
Info LOKER

Info Lowongan Kerja SMK MUHAMMADIYAH BATAM Kunjungi Selalu di => smkmubatam.sch.id  

28/05/2022 08:12 - Oleh Web Admin - Dilihat 1506 kali
Program Tahfidz SMK

   

25/12/2021 11:40 - Oleh Staff - Dilihat 748 kali
Teaching Factory (TeFa)

 apakah itu Tefa atau Teaching Factory? Tefa atau Teaching Factory adalah Model pembelajaran berbasis produksi (barang/jasa) yang dibutuhkan oleh masyarakat, sepenuhnya dikerjaka

25/12/2021 11:13 - Oleh Staff - Dilihat 1523 kali